Kandungan yang ada di Semut Jepang


Pasti akan banyak pertanyaan kenapa semut jepang berkhasiat...?  
Beberapa Literatur semut jepang dan artikel ilmiah penelitian semut jepang yang kami peroleh adalah:  bisa diperoleh artikelnya dengan download langsung ke halaman blog di http://deposemutjepang.blogspot.com/

I. KANDUNGAN SEMUT JEPANG 

Dari Literatur Semut Jepang mengenai penelitian semut jepang. Semut jepang mempunyai kandungan Gizi dan Zat yang mengandung Obat antara lain Protein, Asam Amino, Asam Laktat, Asam Hialuronat (hyaluronic acid), Enzym hmes.   

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://semutjepangkotamadiun.blogspot.com)   

Berikut saya jelaskan fungsi zat-zat tersebut bagi kesehatan tubuh manusia.

A. Protein    Kandungan semut jepang yang berupa "protein"  didalam tubuh semut jepang dapat berfungsi bagi kesehatan tubuh manusia antara lain :

1. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan aus terpakai sebagai protein struktural.
2. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam mekanisme pertahanan tubuh melawan berbagai mikroba dan zat toksik lainnya yang datang dari luar dan masuk ke dalam tubuh.
3. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang adalah sebagai zat pengatur berfungsi dalam pengaturan proses-proses metabolisma dalam bentuk enzim dan hormone. Proses-proses metabolic atau reaksi biokimia diatur dan dilangsungkan atas pengaturan enzim. Sedangkan aktivitas enzim diatur lagi oleh hormone, agar terjadi hubungan yang harmonis antara proses metabolisma yang satu dengan yang lainnya.
4. Dalam kromoson, Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk genes. Dalam genes ini tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu, sehingga proses metabolisma diturunkan dari orang tua kepada anaknya dan diteruskan ke generasi berikutnya secara berkesinambungan.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://ardra.biz/kesehatan/kesehatan-dan-gizi)

B. Asam Amino

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa " Asam Amino". Berikut adalah beberapa manfaat asam amino yang terkandung dalam semut jepang bagi kesehatan tubuh manusia antara lain:
1. Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat dalam membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.
2. Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
3. Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi.
4. Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.
5. Kandungan semut jepang berupa asam amino sangat penting jika Anda ingin memiliki kulit, rambut, dan kuku yang sehat.
6. Defisiensi k kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormon. Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah.
7. Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.
8. Kandungan semut jepang berupa asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.
9. Makanan kaya asam amino (Kandungan semut jepang berupa asam amino) membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://www.amazine.co/18021)

C. Asam Laktat

Pada awalnya asam laktat dianggap sebagai zat sisa. Asam laktat yang diproduksi kemudian menumpuk di otot dan dicurigai menyebabkan kelelahan selama olahraga dan kram otot setelah selesai olahraga. Sekarang dengan hasil yang terbaru, asam laktat bukan merupakan “musuh” dari otot. Asam laktat merupakan bahan energy yang penting selama olahraga yang berlangsung lama. Hal ini karena asam laktat yang dibentuk oleh sel otot dapat digunakan oleh sel otot lain nuntuk membentuk energy.

Saat olahraga permintaan oksigen melebihi suplai sehingga timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini kemudian akan diserap oleh sel otot untuk dijadikan bahan bakar. Pada orang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sehingga mereka mampu berolahraga dalam jangka waktu lebih lama. Dibandingkan membuat lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Sehingga kandungan semut jepang yang berupa "asam laktat" dapat menjadi bahan bakar untuk pembentukan energi dalam tubuh dan kandungan semut jepang yang berupa "asam laktat" justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/5061-asam-laktat.html)

D. Asam Hialuronat (hyaluronic acid)

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam hialuronat atau Hyaluronan atau hyaluronic acid atau hyaluronate (atau disingkat HA) adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. Kepentingan akan Hyaluronic Acid tidak dapat dianggap remeh.

Jadi HA adalah polisakarida alami yang menyusun jaringan ikat. Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

Seiring dengan pertambahan usia, jumlah asam hialuronat di kulit akan menurun sehingga menyebabkan peningkatan kerutan. Salah satu aplikasi dari asam hialuronat adalah sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerut di wajah. Beberapa perusahaan kosmetik telah membuat produk dari asam hialuronat yang dapat bertahan lebih lama di jaringan lunak.

Tetapi akibat dari bertambahnya usia, maka kandungan Hyaluronic Acid akan semakin berkurang. Dan apa yang akan terjadi jika sendi kekurangan Hyaluronic Acid ? Sendi akan terasa sakit, sehingga sulit untuk beraktifitas. Penyakit ini disebut Osteoarthritis.

#Fungsi HA pada Mata 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi untuk memperjelas penglihatan, memberikan pelumas pada mata. Karena bola mata kita dikelilingi oleh HA. HA juga biasanya digunakan pada pengoperasian mata, khususnya pada operasi katarak dan glaucoma.

#Fungsi HA terhadap Otak 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid sangat bermanfaat bagi otak alasannya, besaran otak akan mengecil karena usia bertambah. Ini disebabkan karena kandungan air dan Hyaluronic Acid pada otak yang berkurang, sehingga akan menyebabkan pikun. Untuk itu untuk menjaga agar besaran otak tetap, maka kita perlu suplai kembali Hyaluronic Acid

#Fungsi HA pada Kulit 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid sangat bermanfaat bagi kulit. HA pada kulit terdapat pada epidermis dan dermis. Pada Dermis, HA mengisi ruang antara collagen dan elastin. Karena faktor usia dan sinar matahari, maka menyebabkan hilangnya kadar air dan kandungan HA pada lapisan dermis dan epidermis yang menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.

*Secara umum Fungsi HA pada kulit :
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi melembabkan kulit dengan mengikat air.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat mengisi celah yang kosong pada kulit.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi meningkatkan metabolisme kulit
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis - garis halus pada wajah.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagen.

*Fungsi lain dari HA adalah:
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi Meningkatkan Vitalitas.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat mempercepat penyembuhan luka.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna bagi Pertumbuhan rambut.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat Memperbaiki jaringan.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam meningkatkan daya ingat.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam menjaga Kestabilan emosi.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat berfungsi meningkatkan potensi seksual.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam menguatkan organ-organ dalam.

*Tingkat Kandungan HA Pada Tubuh Manusia:

Bayi – usia 20 tahun: Kandungan HA sekitar 80% – 100%
Setelah berusia 25 tahun: Kandungan HA sekitar 65%
Setelah berusia 50 tahun: Kandungan HA sekitar 45%
Setelah berusia 60 tahun: Kandungan HA sekitar 25%

Keberadaan air dan Hyaluronic Acid pada tubuh adalah sangat penting. Karena apabila kandungan kedua zat tersebut tercukupi, maka masalah yang selalu ditakuti setiap orang, kini telah terjawab. Hidup sehat dan awet muda dengan Hyaluronic Acid. 

(Sumber http://www.gelora45.com/Kesehatan)   

E.Enzym Hmes    

Fungsi enzim sebagai katalis atau senyawa yang bisa mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa dirinya sendiri habis karena proses reaksi. Zat penting ini untuk melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, gugus amin serta banyak lagi.   

Semua itu bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim bisa mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga ada proses lainnya yang berubah. Enzim yang berfungsi sebagai penghancur makanan ketika sedang mengunyahnya didalam mulut. Seluruh kinerja organ tubuh dibantu oleh adanya enzim.  
Enzym hmes didalam tubuh manusia berfungsi untuk memperlancar peredaran darah.

(Sumber : http://www.peterparkerblog.com/3598/fungsi-enzim-dalam-tubuh- manusia)   

II MAKANAN SEMUT JEPANG  

Makanan Utama Semut Jepang adalah Ragi Tape. RAGI TAPE yang merupakan SINBIOTIK dari mikrobakteri baik (probiotik) Ragi Pasar yang memfermentasi Media (prebiotik) Tepung Beras, Ubi Kayu, Bawang Putih, Cabe Jawa, Lada, Lengkuas (Laos), Jeruk Nipis, Gula Pasir (air perasan Tebu), Merica, Air dlsb, masing-masing dari Media Ragi Tape tersebut pada asalnya sudah mengandung zat gizi tertentu kemudian difermentasi dengan ragi pasar maka akan semakin meningkat dan lengkap.  

    Ragi tape merupakan populasi campuran mikroba yang terdapat beberapa jenis yaitu genus Aspergillus, genus Saccharomises, genus Candida, genus Hansnula, sedang bakterinya adalah Acetobacter (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa Aspergillus dapat menyederhanakan amilum, sedangkan Saccharomyces, Candida dan Hansnula dapat menurunkan gula menjadi alkohol dan bermacam- macam zat organik lainnya. Acetobacter mengubah alkohol menjadi cuka. Secara fisiologis, ragi mempunyai persamaan yaitu menghasilkan fermen atau enzim-enzim yang dapat mengubah substrat menjadi bahan lain dengan mendapat keuntungan berupa energi.

      Ragi tape sebenarnya adalah berupa mikroba Saccharomyces Cerevisiae yang dapat mengubah karbohidrat. Sedang jamur yang ada dalam ragi tape adalah jenis Aspergillus. Ragi tape merupakan inokulan yang mengandung kapang aminolitik dan khamir yang mampu menghidrolisis pati. Kapang tersebut adalah Amilomyces rouxii, sedangkan khamir tersebut adalah Saccharomyces. Adapun mikroflora yang berperan pada ragi tape adalah jenis Candida, Endomycopsis, Hansnula, Amilomyces rouxii dan Aspergillus Orizae (Widodo, 2011).

       Jamur Saccharomyces cerevisiae, atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama jamur ragi, telah memiliki sejarah yang luar biasa di industri fermentasi. Karena kemampuannya dalam menghasilkan alkohol inilah, S. cerevisiae disebut sebagai mikroorganisme aman (Generally Regarded as Safe) yang paling komersial saat ini (Aguskrisno, 2011).   

Saccharomyces cerevisiae berfungsi dalam pembuatan roti dan bir, karena Saccharomyces bersifat fermentatif (melakukan fermentasi, yaitu memcah glukosa menjadi karbon dioksida dan alkohol) kuat. Namun, dengan adanya oksigen, Saccharomyces juga dapat melakukan respirasi yaitu mengoksidasi gula menjadi karbon dioksida dan air (Wikipedia, 2012).

      Ragi menghasilkan enzim pitase yang dapat melepaskan ikatan fosfor dalam phitin, sehingga dengan ditambahkan ragi tape dalam ransum akan menambah ketersediaan mineral (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa ragi bersifat katabolik atau memecah komponen yang kompleks menjadi zat yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna oleh Semut Jepang.

       Widodo (2011) menyatakan bahwa spesies Aspergillus flavus relatif tidak aktif bila dibandingkan dengan jamur selulolitik yang lain, tapi enzim yang dihasilkan oleh Aspergillus orizae dan Aspergillus flavus mampu mendegradasi sellulosa dan juga menghidrolisis xylon, maka dengan penambahan ragi tape dapat meningkatkan kegiatan pencernaan dalam tubuh Semut Jepang sehingga pertumbuhan ternak menjadi optimal.

      Ragi biasanya digunakan untuk penambahan protein dalam pakan ternak bersama-sama tepung ikan (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada ayam pedaging, bahan pakan tepung ikan atau tepung kedelai dapat digantikan dengan ragi dengan nilai nitrogen dalam pakan yang sebanding, demikian juga ayam petelur.  

   Dalam beberapa hal pertumbuhan ragi dalam bahan pakan menyebabkan perubahan yang menguntungkan seperti perbaikan bahan pakan dari sisi mutu, baik dari aspek gizi maupun daya cerna serta meningkatkan daya simpannya. Penggunaan ragi adalah sebagai sumber protein dan vitamin bagi konsumsi manusia dan ternak dalam hal ini adalah Semut Jepang (Widodo, 2011).

Demikian sedikit informasi mengenai Literatur semut jepang yang saya dapatkan, nanti akan saya tambahkan kalau sudah ada artikel penelian semut jepang yang terbaru.