Prosedur Cara Cek Gula Darah dan Asam Urat


Sebelum melakukan proses cek gula darah dan asam urat, kita harus tahu dahulu manfaat kita melakukan proses cek atau tes adalah dimana kita mengantisispasi dan mencegah terjadi pada diri kita karena banyak orang tidak mengerti bahwa menderita penyakit diabetes, pertanda - tanda nya bisa di cek pada gambar dibawah ini :


      Prosedur Cara Cek Gula Darah Sendiri - Guna memastikan ambang normal kadar gula tubuh ternyata bisa dikerjakan sendiri memakai alat ukur gula darah yang dinamakan glucometer. Tingkatan gula darah tubuh seseorang akan selalu berubah-ubah setiap waktu, contohnya setelah makan kadar gula dalam tubuh tentunya akan meningkat termasuk menu yang dikonsumsi karena setiap makanan mempunyai kandungan glukosa yang berbeda.
Sehingga disarankan untuk rutin mengerjakan pengukuran gula darah sendiri dan tidak harus pergi ke dokter. Cara cek gula darah sendiri saat ini mudah sekali dilakukan. Dengan selalu memonitor konsentrasi glukosa darah maka akan mempertahankan tekanan darah yang tidak berlebihan melebihi batas normal kadar gula darah manusia. Hal ini sangat penting bagi yang sudah terkena diabetes karena jika kadar gula terlalu tinggi akan beresiko menimbulkan komplikasi bagi penderita diabetes.
Kadar gula darah bisa dikatakan normal pada tubuh manusia jika dalam batas angka 200mg/dl, angka tersebut diukur saat 2 jam setelah makan. Berarti apabila diukur sebelum makan harus di bawah angka 200mg/dl. Lalu dengan cara cek gula darah apa yang bisa dilakukan untuk mengukur kadar gula dalam tubuh kita? Sebenarnya mengukur nilai gula darah cukup mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengukur kandungan gula darah. Waktu pengecekan yang paling tepat adalah pagi hari sebelum sarapan pagi,sehingga hasilnya akan lebih akurat.Masing -masing strip terdapat waktu kadarluarsa ,untuk itu sebaiknya digunakan sebelum waktu kadarluarsa.

# Sediakan peranti yang dibutuhkan yaitu Glucometer, alkohol dan kapas, jarum tusuk, alat penusuk dan test strip. Jika tak tersedia Glucometer, anda bisa membelinya di toko peralatan kesehatan ataupun apotek seharga 300 ribuan. Masukan batere pada alat Glucometer dan nyalakan mesin, atur jam,tanggal dan tahun pada mesin guna menyimpan data tes sesuai dengan tanggal dan waktu sehingga bisa dijadikan data acuan perubahan.
# Cek bahwa tangan Anda bersih, untuk itu cuci tangan anda lebih dulu agar tak terjadi kontaminasi saat memakai peralatan. Setelah itu ambil chip warna kuning (chip test) masukan ke dalam mesin untuk cek mesin Jika layar muncul “error” berarti mesin rusak. Jika layar muncul “OK” berarti mesin siap digunakan.
# Sediakan jarum tusuk baru yang steril, selanjutnya tempatkan pada alat penusuk. Harus diingat bahwa jarum tusuk cuma boleh dipakai satu kali. Tentukan ujung jari yang mau ditusuk, hendaknya tidak memilih ibu jari ataupun kelingking. Sebelumnya bersihkan ujung jari memakai kapas yang dibasahi dengan alkohol demi mengantisipasi terjadinya infeksi. Masukan jarum pada lancing/alat tembak berbentuk pen dan atur kedalaman jarum.
# Tempatkan test strip dalam alat Glucometer. Harus diperhatikan jika test strip sudah kadaluarsa hendaknya tidak usah dipakai sebab akan memberi pengaruh pada hasil yang tak tepat. Setiap botol strip pada gula,asam dan kolestrol terdapat chip test. Untuk cek gula,masukan chip gula dan strip gula terlebih dahulu. Pada layar akan muncul angka/kode sesuai pada botol strip. Setelah itu akan muncul gambar tetes darah dan kedip-kedip. Test strip dibasahi darah Anda tadi di sisi ujung. Mesti dicermati saat melekatkan ujung test strip jangan melewati batas yang telah ditentukan pada test strip itu. Tusukkan jarum ke ujung jari, biarkan hingga keluar darah merah di ujung jari. Jika darah keluar cuma sedikit, tekan perlahan ujung jari agar darah keluar lebih banyak. Sentuhkan tes strip pada bagian garis yang ada tanda panah. Darah akan langsung meresap sampai ujung strip dan bunyi beep.
# Alat Glucometer akan berfungsi ditandai dengan terlihatnya hitungan waktu hingga memperlihatkan hasil pengukuran. Sembari menantikan hasil test, cuci ujung jari menggunakan kapas ber-alkohol. Hal tersebut termasuk standar medis guna melindungi dari peluang terjadinya infeksi. Gunakan tisu alkohol untuk membersihkan jari anda. Tunggu sebentar, hasil akan keluar beberapa detik pada layar. Cabut jarumnya dari lancing juga stripnya dan buang. Chip gula di simpan ke botol lagi. Gunakan chip asam urat untuk tes asam urat dan chip kolestrol untuk tes kolestrol.
# Hasil test yang terlihat yang memperlihatkan angka konsentrasi gula darah yang terdapat di tubuh Anda. Cocokkan dengan patokan kadar normal. Menggunakan hasil test tadi Anda bisa mengecek tingkat gula darah dalam tubuh anda, bila melampaui batas normal sesudah pengukuran kadar gula darah ditempuh, ada baiknya Anda secepatnya berkonsultasi dengan dokter guna memperoleh penanganan semestinya.
# Tutup rapat botol strip jika tidak digunakan lagi. Perhatikan masa expired pada setiap strip Masing -masing strip terdapat waktu kadarluarsa ,untuk itu sebaiknya digunakan sebelum waktu kadarluarsa. Dan usahakan ketika pertama kali botol strip dibuka untuk digunakan tidak lebih dari 2 bulan karena akan mempengaruhi ke akuratan dari hasil tes.

  Seseorang disebut menderita diabetes bila kadar gula dalam darahnya di atas 126 mg/dl (puasa) atau 200 mg/dl (tidak puasa). Biasanya gejala diabetes baru terlihat bila gula darah sudah di atas 270 mg/dl. Jangan mengandalkan gejala untuk mengetahui kehadiran diabetes. Satu-satunya cara yang mudah, hemat dan akurat untuk mengetahuinya adalah dengan tes darah. 

Gejala atau tanda-tanda diabetes yang umum terjadi adalah:
* Sering Dehidrasi atau rasa haus terus-menerus
* Peningkatan frekuensi urin atau kencing
* Sering merasa lelah atau capek
* Penurunan berat badan
* Gangguan pada mata atau penglihatan
* Penyembuhan luka yang lama terutama di kaki.

Hasil Tes Gula Darah jika normal adalah:
1. Sebelum makan (Gula darah Puasa): 70-110 mg / dL
2. Gula darah 1 jam setelah makan: <160 mg / dL
3. Gula darah 2 jam setelah makan : < 125 mg/dL

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi. 

Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun. 

Hasil pemeriksaan kolesterol Anda biasanya dinyatakan dalam miligram per desi liter (mg/dL) 

#Kadar Kolesterol Total 
Hasil Kurang dari 200                    Normal
200-239                                    Batas Normal - Tinggi
Lebih dari 240                            Tinggi

Bila total kolesterol Anda berada di kisaran 200 dan 239 mg/dL, dokter Anda akan melihat kadar LDL (“kolesterol jahat”), HDL (“kolesterol baik”) dan trigliserida.? Mungkin saja Anda memiliki kolesterol total relatif tinggi tetapi kadar LDL-nya normal dan diimbangi HDL yang tinggi. Artinya, secara keseluruhan risiko Anda terkena penyakit jantung tetap rendah.Orang yang memiliki kadar kolesterol total 240 mg/dL atau lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner dua kali lipat mereka yang memiliki kadar kolesterol normal. 

#Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

   Cara mendapatkan kadar gula darah normal adalah dengan mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes lewat mengatur pola makan yang baik. Makanlah dengan teratur, yakni dilakukan paling tidak 3 kali dalam sehari namun tanpa mengurangi jumlah dari asupan nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan juga konsumsilah jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi yang ada di dalam sayuran serta di dalam buah-buahan. Dengan cara melakukan beberapa upaya pencegahan untuk mendapatkan kadar gula darah normal, maka yang diharapkan adalah bisa membantu menjaga kadar gula darah normal tetap dalam keadaan stabil.
   Dan jika memang Anda sudah terlanjur didiagnosis menderita penyakit diabetes maka usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gula atau penyakit diabetes akan sangat bermanfaat sekali dalam mengurangi resikonya bahkan dalam mengurangi resiko dari terjadinya suatu komplikasi akibat dari penyakit diabetes. 

    Hal yang bisa dilakukan diantaranya untuk mendapatkan kadar gula darah normal adalah dengan melakukan diet melangsingkan badan yang seimbang yang bisa membantu dalam menjaga kadar gula darah normal. Diet seimbang yang dilakukan dan juga disertai dengan mendapatkan pola makan yang teratur adalah salah satu cara yang bisa membantu untuk menstabilkan kadar gula darah, dan hal ini memang sudah terbukti bisa membantu dalam melakukan diet seimbang namun tanpa mengurangi jumlah dari asupan nutrisi yang baik di dalam tubuh dan akan membantu dalam Kadar Gula Darah Normal, Tinggi dan Rendah menjalankan fungsi secara baik. 

   Oleh sebab itulah, mulailah dalam mengubah kebiasaan diet yang ketat yang kemungkinan sedang Anda jalani, karena hal ini justru akan berdampak pada pengurangan tekanan nutrisi yang memang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Itulah informasi mengenai kadar gula darah tinggi dan kadar gula darah normal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

http://cekdaftar.blogspot.com/2014/08/prosedur-cara-cek-gula-darah-sendiri.html
http://kadarguladarahnormal.com/
http://www.alattesguladarah.com/
http://caracek.blogspot.com/2014/02/cara-cek-gula-darah.html
http://www.amazine.co/4250/tips-diabetes-cara-memantau-kadar-gula-darah-di-rumah/
http://majalahkesehatan.com/arti-hasil-tes-kolesterol-darah-anda/

7 komentar: Leave Your Comments

  1. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin .. inji silahkan dan terima kasih sudah brkunjung gan smoga infonya bermanfaat .. amin :)

      Hapus
  2. makasi ya bos atas inponya sangat berguna bagi kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali , smoga bermanfaat .. amin :)

      Hapus
  3. ijin kopas buat tugas kak

    BalasHapus