Manfaat Ragi Tape untuk Kesehatan Tubuh Manusia


     Pernah mendengar kata ragikan ?  Umumnya dalam pembuatan penganan seperti tapai/tape atau roti, peranan ragi sangatlah penting. Namun tahukah rekan - rekan sekalian, jenis ragi dan fungsinya. Ragi disebut juga ‘Yeast’. Yaitu tumbuh – tumbuhan bersel 1 yang tergolong dalam keluarga cendawan. Ragi akan bekerja bila ditambahkan dengan gula dan kondisi suhu yang hangat. Kandungan karbondioksida yang dihasilkan akan membuat suatu adonan menjadi mengembang dan terbentuk pori – pori.

1. Jenis Ragi

#Ragi Padat bentuknya bulat pipih, sering digunakan dalam pembuatan tapai sehingga banyak orang menyebutnya dengan ragi tapai. Ragi ini dibuat dari tepung beras, bawang putih dan kayu manis yang diaduk hingga halus, lalu disimpan dalam tempat yang gelap selama beberapa hari hingga terjadi proses fermentasi. Setelah tumbuh jamur yang berwarna putih susu kemudian ragi ini dijemur kembali hingga benar – benar kering.
Ragi tapai banyak dijumpai dipasar tradisional bagian rempah atau bumbu dapur.

#Ragi Kering berbentuk butiran kecil – kecil dan ada juga yang berupa bubuk halus. Jenis ragi yang butirannya halus dan berwarna kecokelatan ini umumnya digunakan dalam pembuatan roti. memiliki aroma yang sangat tajam dengan aroma alkohol yang sangat khas. Aroma yang dihasilkannya pun tidak terlalu mencolok karena memang khusus untuk pembuatan roti. Dalam penggunaannya, hampir semua orang lebih suka menggunakannya karena tinggal dicampur dengan adonan. Ragi roti bisa diperoleh dipasar tradisional, swalayan, ataupun toko bahan kue (TBK).

2. Fungsi Ragi

~ Ragi padat berfungsi untuk fermentasi pembuatan tapai terkadang juga untuk mengempukkan ikan atau membuat pindang bandeng. Dalam penggunaannya, ragi padat harus dihaluskan sebelum ditaburkan dalam bahan lainnya.

~ Ragi kering yang terbentuk butiran dan bubuk ini bisa membuat adonan roti menjadi mengembang, empuk dan lentur.

#Cara Penyimpanan Ragi

^Ragi Padat dalam keadaan normal lebih cepat rusak dan akan kehilangan daya peragiannya jika disimpan dalam suhu 2 derajat C selama 4 sampai 5 minggu. Ragi padat harus selalu disimpan ditempat dingin (lemari es).

^Ragi Kering yang terbentuk seperti butiran halus ini umumnya terbungkus dalam kemasan timah yang mengandung nitrogen agar tetap awet. Untuk penyimpanan tidak perlu disimpan ditempat yang dingin (lemari es), tetapi bila keadaan memungkinkan, menyimpan ragi ini ditempat dingin akan menambah kegunaan ragi. Suhu ideal untuk menyimpan ragi kering agar awet dalam jangka waktu yang panjang adalah 7 derajat C dan perlu diperhatikan sesering mungkin.

     Dalam keadaan tidak terpakai, ragi membutuhkan suasana hangat agar sel – sel nabatinya tetap hidup untuk mengaktifkan kerjanya. Maka ragi – ragi ini memerlukan penyimpanan yang teliti. Yang perlu diingat pada saat membeli ragi, teliti tanggal kadaluwarsa pada kemasan dan pastikan kemasan dalam keadaan utuh dan kering. Khusus ragi kering, perhatikan jika kemasan sobek maka ragi sudah tidak hidup lagi dan tidak aktif dalam proses fermentasi. Sudah mengerti jenis ragi dan fungsinya kan rekan - rekan sekalian ? Selanjutnya kita masuk pada bahasan selanjutnya.


     Ragi yang selama ini hanya kita manfaatkan sebagai pemicu fermentasi pada makanan misalnya untuk membuat tape, ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

  Tahukah Anda bahwa dibalik bentuknya yang sederhana tenyata ragi banyak mengandung protein dan vitamin yang tinggi. Sehingga tidak salah jika mengonsumsi makanan yang melalui proses fermentasi dengan ragi seperti misalnya kudapan tape (baik tape ketan maupun tape singkong). Apa saja manfaat di balik ragi? Berikut pembahasannya.

# Pertama untuk obat pegal-pegal, Ragi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pegal di kaki. Caranya adalah dengan mencapurkan ragi dengan sedikit air kemudian mengoleskan ragi tersebut ke seluruh bagian yang nyeri. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai ragi mengering dan bilas dengan air hinggga bersih.

# Lalu mengobati diabetes, Ragi memiliki kromium atau mineral yang diindetifikasi sebagai faktor toleransi glukosa (gtf) kandungan ini sangat membantu bagi penderita diabetes karena dapat mengandalikan gula darah ke tingkat normal.

# Bahkan para penderita kadar gula yang tidak seimbang atau yang memiliki tekanan darah tinggi atau rendah dapat menjadikan ragi untuk menjaga kesehatan.

#  Kemudian menjaga kesehatan kulit, Ragi dapat meningkatkan perkembangan DNA, selain itu juga dapat permasalahan kesehatan kulit seperti kulit sensitif, kulit berjerawat dan masalah kulit lainnya seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. 

#  Lalu menjaga metabolisme tubuh, Ragi memiliki khasiat untuk menjaga metobolisme tubuh Diantaranya adalah bisa mengurangi berat badan, penambahan ragi dalam program diet juga dapat sangat baik, 

#  Ragi juga dapat menjaga kesehatan hati, meningkatkan produksi darah dan memperbaiki aliran dan sistem pencernaan kita.

# Dan yang terakhir mengatasi masalah pada rambut, Manfaat ragi lainnya yaitu dapat mengatasi masalah-masalah rambut, karena ragi memiliki kandungan vitamin B yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari rambut, membantu memperbaiki kerusakan rambut, kulit kepala gatal dan mengatasi rambut rontok.


    Selanjutnya anda mungkin pernah mendengar seorang dokter menjelaskan tentang ragi gizi. Tidak mengherankan bahwa mereka menggambarkannya sebagai makanan super, yang merupakan paket nutrisi yang kaya dan sehat yang menyediakan vitamin, protein dan elemen penting lainnya. Salah satu deactivasi ragi Saccharomyces cerevisiae, ragi  dibumbui dengan aroma dan rasa yang ringan . Orang-orang menggunakannya dengan menambahkannya ke makanan seperti telur atau gravies untuk meningkatkan cita rasanya. Dikenal sebagai protein ‘vegetarian itu ‘, ragi gizi tumbuh pada molase dan gula, mereka dipanen, dicuci, dikeringkan dan dijual dalam bentuk serpih atau bubuk. Tersedia dalam warna kuning atau coklat, favorit gizi di kalangan vegetarian. Meskipun ini ‘makanan super’ pertama kali digunakan pada 1550 SM di Mesir, hanya beberapa dekade  manfaatnya kembali dikenal masyarakat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang ragi, baik kandungan gizi dan manfaatnya.

#Manfaat Ragi Gizi untuk Kesehatan

#Memiliki kandungan Protein Tinggi
Merupakan dari 55% protein kualitas tinggi, ragi gizi kaya 15 mineral dan 18 asam amino yang juga menyediakan protein untuk memperbaiki otot dan jaringan, memproduksi sel darah dan mengatur transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Tidak ada makanan yang lebih baik daripada ragi untuk vegetarian karena membentuk pengganti yang sangat baik untuk produk susu dan daging. Satu ons ragi gizi merupakan dari 79 kalori dan 14 gram protein.

#Kaya akan Vitamin B Kompleks
Ragi gizi memiliki jumlah cukup vitamin B kompleks, termasuk B1 (Thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B6 ??(piridoksin) dan B9 (asam folat). Vitamin B kompleks membantu menjaga tingkat metabolisme yang baik dan juga mengurangi tingkat stres, pastikan kulit yang sehat dan mencegah kanker pankreas. Ragi gizi juga kaya vitamin B12 yang ditambahkan ke dalamnya secara terpisah untuk meningkatkan manfaat kesehatan. Vitamin B12 meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga selubung mielin yang insulates sel-sel saraf yang dianggap penting untuk fungsi saraf. Defisiensi B12 menyebabkan anemia dan energi rendah.

#Merupakan Sumber Mineral
Ragi gizi terdiri dari kromium, mineral penting, yang juga dikenal dengan nama, Toleransi Glukosa Faktor (GTF). Pengambilan ragi gizi adalah efektif untuk mengobati diabetes dan tekanan darah rendah dan juga kaya akan mineral lain seperti lithium, mangan, tembaga, vanadium, molibdenum, seng dan tembaga.

#Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ragi terdiri dari Beta-glukan, gula non-dicerna yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga memiliki sifat anti-oksidan. Ini merangsang sekresi zat pelindung dari sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan makrofag yang sel-sel darah putih yang menelan dan mencerna patogen dan puing-puing.

#Memiliki kandungan Serat Tinggi
Satu ons ragi gizi berisi tujuh gram serat dan asupan rutin ragi gizi mengurangi kolesterol, sembelit, penyakit usus, dll bertindak sebagai mekanisme perlindungan yang besar terhadap diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Ahli gizi sangat menyarankan termasuk ragi gizi dalam makanan sehingga dapat meningkatkan jumlah serat dalam tubuh.

#Rendah Dalam Sodium
Sebuah alternatif, ragi gizi baik rendah sodium membentuk item asupan sempurna bagi mereka yang ingin mengawasi konsumsi natrium mereka. Sebuah diet rendah natrium mencegah penyakit jantung, meningkatkan pengurangan berat badan dan mengontrol tekanan darah.

#Asam Glucamic Gratis
Ragi gizi merupakan asam glucamic yang merupakan bentuk alami asam amino yang ditemukan dalam sayuran, daging dan jamur. Asam Glucamic bertindak sebagai komponen utama dalam metabolisme sel dan berfungsi sebagai neurotransmiter yang mengirimkan sinyal ke sel target dari neuron.

#Kaya Glutathione
Ragi gizi kaya Glutathione, anti-oksidan yang secara alami mendetoksifikasi dan melindungi sel dari radikal bebas.

#Alat Anti Penuaan
Reguler asupan ragi gizi membela Anda dari penuaan karena kaya nukleotida yang molekul yang membangun unit struktural DNA dan RNA. Ini juga meningkatkan memori, penglihatan, mengurangi kerontokan rambut, mengurangi arthritis dan juga memastikan kulit yang sehat.

#Manfaat Kesehatan Lainnya
~ Ragi gizi mempertahankan ekologi usus.
~ Hal ini meningkatkan produksi darah dan menjaga kadar kolesterol berfluktuasi.
~ Ragi gizi yang terbaik untuk fungsi hati yang sehat.
~ Dianggap antara salah satu item nutrisi terbaik untuk vegetarian, ragi gizi adalah paket grosir protein, vitamin dan mineral. Menjadikannya bagian dari makanan Anda dan tetap sehat!.


Bahasan terakhir adalah tentang cara membuat ragi tape ini atau bisa langsung chek di websitenya Jejak Penyuluh : Cara Membuat Ragi Tape atau bisa Download artikelnya di Download Membuat Ragi Tape Word.

Singkatnya dalam membuat ragi membutuhkan hal - hal berikut ini :

A. ALAT DAN BAHAN

1. ALAT
- Alat penumbuk atau gilingan
- Ayakan tepung
- Baskom atau panci untuk membuat adonan
- Tampah bambo
- Sapu merang
- Daun pisang atau lembaran plastik

2. BAHAN
- Beras ketan putih 1,5 kg
- Merica 50 gram
- Cabe untuk jamu 50 gram
- Bawang putih 50 gram
- Lengkuas (laos) 7,5 gram
- Air perasan tebu
- Ragi yang telah jadi

Gbr.1 Bahan Baku Adonan
B. CARA KERJA
- Tumbuklah merica dan cabe hingga halus, kemudian disaring
- Tambahkan bawang putih dan lengkuas, dan tumbuk lagi hingga halus merata.
- Buatlah tepung beras ketan putih. Tepung bers putih dapat digunakan dari tepung sudah jadi.
- Campurkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan tepung beras ketan putih dan aduk hingga rata.
- Sambil diaduk-aduk, tambahkan air perasan tebu sedikit-sedikit sehingga bahan menjadi adonan yang mudah dibentuk, tetapi tidak terlalu basah.

Gbr.2 Adonan yang sudah siap dibentuk
- Bentuklah adonan menjadi bulatan pipih dengan diameter sekitar 3 cm.
- Letakan adonan yang telah dibentuk tadi di atas tampah bamboo yang telah diberikan alas dengan sapu merang . kemudian taburkan dibagian atas adonan tersebut serbuk ragi dan tutup dengan daun pisang atau palstik.
- Simpan lah adonan yang telah ditaburi serbuk ragi pada tempat yang aman selama selama sekitar 24 jam hingga mikroorganisme tumbuh dan berkembang baik.
- Keringkan adonan yang telah ditumbuhi mikroorganisme dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari selama 2 – 5 hari. Adonan yang telah kering merupakan ragi yang sudah siap untuk digunakan.

Gbr.3 Bulatan adonan yang siap jemur
- Simpanlah ragi yang telah diperoleh pada tempat kering. Ragi dapat digunakan setiap kali diperlukan.

Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatian dan waktunya 
saya ucapkan Terima Kasih.

Source Gambar dari Mas Putra Irvanz.

9 komentar: Leave Your Comments

  1. Wah belum tau kalau ragi ternyata bermanfaat sekali.
    Makasih infonya gan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terima kasih juga mas andy sudah mampir .. smoga bermanfaat .. :)

      Hapus
  2. Bagai mana cara mekomsumsi nya ?? ....apa kah ragi nya pangsung kita makan ?? ....atau gimana ?? ...mohon penjelasan nya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ragi dbrikan kepada semut jepang sbagai pakan kmudian bru knsumsi semut jepangnya :) trima kasih kembali ..

      Hapus
  3. terima kasih infonya, Harga Rp. 6.000/ bungkus. untuk pembelian minimal 10 bungkus Harga Rp 4.500/bungkus (1 ball isi 50 bungkus). untuk Kota Surabaya free ongkos kirim. Ragi Tape Super kualitas istimewa terbuat dari bahan bahan berkualitas tepung beras, Lada putih, Bawang putih dll . Ragi ini menghasilkan tape yang Manis dan Harum. Berat bersi 75 g
    Hubungi : 081333746363, 082230603040

    BalasHapus
  4. apakah ragi fermipan untuk kue dicampur gula pasir bisa membunuh semut?

    BalasHapus
  5. apakah ragi fermipan untuk kue dicampur gula pasir bisa membunuh semut?

    BalasHapus
  6. Manfaatkan dan konsumsi makanan tradisional kita untuk kesehatanmu

    BalasHapus