Kutu pada Ragi Tape pakan dari Semut Jepang



     Sebelumnya ada bahasan mengenai Ragi Tape, nah kali ini Penulis lengkapi juga ternyata kutu dari ragi tape juga bisa memberikan efek cepat busuknya ragi dan mempengaruhi proses kembang biak semut jepang itu sendiri. Mungkin jika dilihat dengan mata telanjang maka kutu dari ragi tape ini tidak akan mudah terlihat, tetapi ketika diperhatikan dengan seksama akan terlihat terutama pada tempat yang terang. Kutu ragi sendiri berbentuk serangga kecil berwarna coklat bening atau transparan sehingga tubuhnya terlihat rentan. Tetapi jangan salah kutu ragi ini dapat bertahan lama walau tempat asalnya kutu ragi tape ini ditutup dengan tempat kedap udara. Berbeda dengan semut jepang yang mudah mati jika tidak adanya udara ataupun sirkulasi udara.

   Pada gambar disamping ini dijelaskan dan foto dapat dilihat dengan jelas. Sebelumnya terima kasih kepada teman saya M. Taufiq Irsyadah yang mengirimkan sample serangga ini. Kata dia walau sudah berulang kali coba disingkirkan tetapi tetap kembali kutu dari ragi tape ini jadi menurut penulis sebaiknya dimatikan saja dengan cara dipites supaya tidak menganggu proses budidaya semut jepang itu sendiri.
Kutu dari Ragi Tape pada gambar disamping diperlihatkan dengan lingkaran merah dengan badan serangga berbentuk lonjong serta berwarna coklat bening sehingga tubuh dalam nampak sekilas terlihat, gerak dari kutu ragi ini sangat cepat dan selalu bersembunyi di dalam ragi tape itu sendiri. Sangat sulit memang memfoto serangga tersebut karena tidak bisa diam di satu tempat selalu berpindah - pindah.

     Sekian postingan dari saya mengenai Kutu Ragi pada proses Budidaya Semut Jepang, mungkin tips penulis adalah dengan rutin melakukan proses check up tempat/ wadah dari semut jepang untuk menghindari kematian / lambatnya proses kembang biak dari semut jepang, untuk membunuh kutu ragi tape ini bisa dengan cara dipites atau dipencet dengan tangan.

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar