Kandungan yang ada di Semut Jepang


Pasti akan banyak pertanyaan kenapa semut jepang berkhasiat...?  
Beberapa Literatur semut jepang dan artikel ilmiah penelitian semut jepang yang kami peroleh adalah:  bisa diperoleh artikelnya dengan download langsung ke halaman blog di http://deposemutjepang.blogspot.com/

I. KANDUNGAN SEMUT JEPANG 

Dari Literatur Semut Jepang mengenai penelitian semut jepang. Semut jepang mempunyai kandungan Gizi dan Zat yang mengandung Obat antara lain Protein, Asam Amino, Asam Laktat, Asam Hialuronat (hyaluronic acid), Enzym hmes.   

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://semutjepangkotamadiun.blogspot.com)   

Berikut saya jelaskan fungsi zat-zat tersebut bagi kesehatan tubuh manusia.

A. Protein    Kandungan semut jepang yang berupa "protein"  didalam tubuh semut jepang dapat berfungsi bagi kesehatan tubuh manusia antara lain :

1. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi sebagai zat pembangun, yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, menggantikan sel-sel yang telah mati dan aus terpakai sebagai protein struktural.
2. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam mekanisme pertahanan tubuh melawan berbagai mikroba dan zat toksik lainnya yang datang dari luar dan masuk ke dalam tubuh.
3. Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang adalah sebagai zat pengatur berfungsi dalam pengaturan proses-proses metabolisma dalam bentuk enzim dan hormone. Proses-proses metabolic atau reaksi biokimia diatur dan dilangsungkan atas pengaturan enzim. Sedangkan aktivitas enzim diatur lagi oleh hormone, agar terjadi hubungan yang harmonis antara proses metabolisma yang satu dengan yang lainnya.
4. Dalam kromoson, Kandungan semut jepang yang berupa "protein" didalam tubuh semut jepang berfungsi dalam menyimpan dan meneruskan sifat-sifat keturunan dalam bentuk genes. Dalam genes ini tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu, sehingga proses metabolisma diturunkan dari orang tua kepada anaknya dan diteruskan ke generasi berikutnya secara berkesinambungan.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://ardra.biz/kesehatan/kesehatan-dan-gizi)

B. Asam Amino

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa " Asam Amino". Berikut adalah beberapa manfaat asam amino yang terkandung dalam semut jepang bagi kesehatan tubuh manusia antara lain:
1. Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat dalam membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.
2. Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
3. Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi.
4. Kandungan semut jepang berupa asam amino bermanfaat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.
5. Kandungan semut jepang berupa asam amino sangat penting jika Anda ingin memiliki kulit, rambut, dan kuku yang sehat.
6. Defisiensi k kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormon. Kandungan semut jepang berupa asam amino dapat memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah.
7. Kandungan semut jepang berupa asam amino bisa berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.
8. Kandungan semut jepang berupa asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.
9. Makanan kaya asam amino (Kandungan semut jepang berupa asam amino) membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://www.amazine.co/18021)

C. Asam Laktat

Pada awalnya asam laktat dianggap sebagai zat sisa. Asam laktat yang diproduksi kemudian menumpuk di otot dan dicurigai menyebabkan kelelahan selama olahraga dan kram otot setelah selesai olahraga. Sekarang dengan hasil yang terbaru, asam laktat bukan merupakan “musuh” dari otot. Asam laktat merupakan bahan energy yang penting selama olahraga yang berlangsung lama. Hal ini karena asam laktat yang dibentuk oleh sel otot dapat digunakan oleh sel otot lain nuntuk membentuk energy.

Saat olahraga permintaan oksigen melebihi suplai sehingga timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini kemudian akan diserap oleh sel otot untuk dijadikan bahan bakar. Pada orang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sehingga mereka mampu berolahraga dalam jangka waktu lebih lama. Dibandingkan membuat lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Sehingga kandungan semut jepang yang berupa "asam laktat" dapat menjadi bahan bakar untuk pembentukan energi dalam tubuh dan kandungan semut jepang yang berupa "asam laktat" justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

(Literatur Semut Jepang Sumber : http://www.kerjanya.net/faq/5061-asam-laktat.html)

D. Asam Hialuronat (hyaluronic acid)

Kandungan semut jepang yang lain adalah berupa Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam hialuronat atau Hyaluronan atau hyaluronic acid atau hyaluronate (atau disingkat HA) adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. Kepentingan akan Hyaluronic Acid tidak dapat dianggap remeh.

Jadi HA adalah polisakarida alami yang menyusun jaringan ikat. Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.

Seiring dengan pertambahan usia, jumlah asam hialuronat di kulit akan menurun sehingga menyebabkan peningkatan kerutan. Salah satu aplikasi dari asam hialuronat adalah sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerut di wajah. Beberapa perusahaan kosmetik telah membuat produk dari asam hialuronat yang dapat bertahan lebih lama di jaringan lunak.

Tetapi akibat dari bertambahnya usia, maka kandungan Hyaluronic Acid akan semakin berkurang. Dan apa yang akan terjadi jika sendi kekurangan Hyaluronic Acid ? Sendi akan terasa sakit, sehingga sulit untuk beraktifitas. Penyakit ini disebut Osteoarthritis.

#Fungsi HA pada Mata 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi untuk memperjelas penglihatan, memberikan pelumas pada mata. Karena bola mata kita dikelilingi oleh HA. HA juga biasanya digunakan pada pengoperasian mata, khususnya pada operasi katarak dan glaucoma.

#Fungsi HA terhadap Otak 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid sangat bermanfaat bagi otak alasannya, besaran otak akan mengecil karena usia bertambah. Ini disebabkan karena kandungan air dan Hyaluronic Acid pada otak yang berkurang, sehingga akan menyebabkan pikun. Untuk itu untuk menjaga agar besaran otak tetap, maka kita perlu suplai kembali Hyaluronic Acid

#Fungsi HA pada Kulit 
Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid sangat bermanfaat bagi kulit. HA pada kulit terdapat pada epidermis dan dermis. Pada Dermis, HA mengisi ruang antara collagen dan elastin. Karena faktor usia dan sinar matahari, maka menyebabkan hilangnya kadar air dan kandungan HA pada lapisan dermis dan epidermis yang menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.

*Secara umum Fungsi HA pada kulit :
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi melembabkan kulit dengan mengikat air.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat mengisi celah yang kosong pada kulit.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi meningkatkan metabolisme kulit
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis - garis halus pada wajah.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagen.

*Fungsi lain dari HA adalah:
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berfungsi Meningkatkan Vitalitas.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat mempercepat penyembuhan luka.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna bagi Pertumbuhan rambut.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat Memperbaiki jaringan.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam meningkatkan daya ingat.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam menjaga Kestabilan emosi.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid dapat berfungsi meningkatkan potensi seksual.
• Kandungan semut jepang berupa Hyaluronic Acid berguna dalam menguatkan organ-organ dalam.

*Tingkat Kandungan HA Pada Tubuh Manusia:

Bayi – usia 20 tahun: Kandungan HA sekitar 80% – 100%
Setelah berusia 25 tahun: Kandungan HA sekitar 65%
Setelah berusia 50 tahun: Kandungan HA sekitar 45%
Setelah berusia 60 tahun: Kandungan HA sekitar 25%

Keberadaan air dan Hyaluronic Acid pada tubuh adalah sangat penting. Karena apabila kandungan kedua zat tersebut tercukupi, maka masalah yang selalu ditakuti setiap orang, kini telah terjawab. Hidup sehat dan awet muda dengan Hyaluronic Acid. 

(Sumber http://www.gelora45.com/Kesehatan)   

E.Enzym Hmes    

Fungsi enzim sebagai katalis atau senyawa yang bisa mempercepat terjadinya proses reaksi tanpa dirinya sendiri habis karena proses reaksi. Zat penting ini untuk melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, gugus amin serta banyak lagi.   

Semua itu bertujuan untuk memperlancar proses pencernaan serta metabolisme pada tubuh. Enzim bisa mengolah zat-zat baru yang masuk kedalam tubuh sehingga ada proses lainnya yang berubah. Enzim yang berfungsi sebagai penghancur makanan ketika sedang mengunyahnya didalam mulut. Seluruh kinerja organ tubuh dibantu oleh adanya enzim.  
Enzym hmes didalam tubuh manusia berfungsi untuk memperlancar peredaran darah.

(Sumber : http://www.peterparkerblog.com/3598/fungsi-enzim-dalam-tubuh- manusia)   

II MAKANAN SEMUT JEPANG  

Makanan Utama Semut Jepang adalah Ragi Tape. RAGI TAPE yang merupakan SINBIOTIK dari mikrobakteri baik (probiotik) Ragi Pasar yang memfermentasi Media (prebiotik) Tepung Beras, Ubi Kayu, Bawang Putih, Cabe Jawa, Lada, Lengkuas (Laos), Jeruk Nipis, Gula Pasir (air perasan Tebu), Merica, Air dlsb, masing-masing dari Media Ragi Tape tersebut pada asalnya sudah mengandung zat gizi tertentu kemudian difermentasi dengan ragi pasar maka akan semakin meningkat dan lengkap.  

    Ragi tape merupakan populasi campuran mikroba yang terdapat beberapa jenis yaitu genus Aspergillus, genus Saccharomises, genus Candida, genus Hansnula, sedang bakterinya adalah Acetobacter (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa Aspergillus dapat menyederhanakan amilum, sedangkan Saccharomyces, Candida dan Hansnula dapat menurunkan gula menjadi alkohol dan bermacam- macam zat organik lainnya. Acetobacter mengubah alkohol menjadi cuka. Secara fisiologis, ragi mempunyai persamaan yaitu menghasilkan fermen atau enzim-enzim yang dapat mengubah substrat menjadi bahan lain dengan mendapat keuntungan berupa energi.

      Ragi tape sebenarnya adalah berupa mikroba Saccharomyces Cerevisiae yang dapat mengubah karbohidrat. Sedang jamur yang ada dalam ragi tape adalah jenis Aspergillus. Ragi tape merupakan inokulan yang mengandung kapang aminolitik dan khamir yang mampu menghidrolisis pati. Kapang tersebut adalah Amilomyces rouxii, sedangkan khamir tersebut adalah Saccharomyces. Adapun mikroflora yang berperan pada ragi tape adalah jenis Candida, Endomycopsis, Hansnula, Amilomyces rouxii dan Aspergillus Orizae (Widodo, 2011).

       Jamur Saccharomyces cerevisiae, atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama jamur ragi, telah memiliki sejarah yang luar biasa di industri fermentasi. Karena kemampuannya dalam menghasilkan alkohol inilah, S. cerevisiae disebut sebagai mikroorganisme aman (Generally Regarded as Safe) yang paling komersial saat ini (Aguskrisno, 2011).   

Saccharomyces cerevisiae berfungsi dalam pembuatan roti dan bir, karena Saccharomyces bersifat fermentatif (melakukan fermentasi, yaitu memcah glukosa menjadi karbon dioksida dan alkohol) kuat. Namun, dengan adanya oksigen, Saccharomyces juga dapat melakukan respirasi yaitu mengoksidasi gula menjadi karbon dioksida dan air (Wikipedia, 2012).

      Ragi menghasilkan enzim pitase yang dapat melepaskan ikatan fosfor dalam phitin, sehingga dengan ditambahkan ragi tape dalam ransum akan menambah ketersediaan mineral (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa ragi bersifat katabolik atau memecah komponen yang kompleks menjadi zat yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna oleh Semut Jepang.

       Widodo (2011) menyatakan bahwa spesies Aspergillus flavus relatif tidak aktif bila dibandingkan dengan jamur selulolitik yang lain, tapi enzim yang dihasilkan oleh Aspergillus orizae dan Aspergillus flavus mampu mendegradasi sellulosa dan juga menghidrolisis xylon, maka dengan penambahan ragi tape dapat meningkatkan kegiatan pencernaan dalam tubuh Semut Jepang sehingga pertumbuhan ternak menjadi optimal.

      Ragi biasanya digunakan untuk penambahan protein dalam pakan ternak bersama-sama tepung ikan (Widodo, 2011). Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada ayam pedaging, bahan pakan tepung ikan atau tepung kedelai dapat digantikan dengan ragi dengan nilai nitrogen dalam pakan yang sebanding, demikian juga ayam petelur.  

   Dalam beberapa hal pertumbuhan ragi dalam bahan pakan menyebabkan perubahan yang menguntungkan seperti perbaikan bahan pakan dari sisi mutu, baik dari aspek gizi maupun daya cerna serta meningkatkan daya simpannya. Penggunaan ragi adalah sebagai sumber protein dan vitamin bagi konsumsi manusia dan ternak dalam hal ini adalah Semut Jepang (Widodo, 2011).

Demikian sedikit informasi mengenai Literatur semut jepang yang saya dapatkan, nanti akan saya tambahkan kalau sudah ada artikel penelian semut jepang yang terbaru.   

42 komentar: Leave Your Comments

  1. Ulasan anda mengenai kandungan semut jepang perlu dipertanyakan. Karena sampai dengan saat ini belum ada satupun penelitian mengenai kandungan semut jepang maupun manfaatnya bagi kesehatan. Semua hanya berdasarkan testimoni. Ulasan anda hanya menjelaskan fungsi dan manfaat zat yang diperlukan oleh tubuh.Sepertinya anda harus mencari referensi yang lebih valid. Tapi saya setuju bahwa semut jepang memang bermanfaat bagi kesehatan terutama asam urat. Karena orang tua saya sudah membuktikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih agan untuk masukkannya, karena hal ini sy mencantumkan alamat source websitenya dn juga bs dchek di akhir paragraf sy cantumkan sy dr awal sdh blag akan sy tmbahkan jika ada artikel terbaru mngenai hal ini.. :)

      krn klo mmg ada kandungan brrt ada uji klinis.. klo mnrt sy ini hny acuan tulisan (artikel) pada pendapat pribadi dri source web tercantum yg kmudian djabarkan satu persatu detailnya, klo pndapat sy pribadi ini dpgaruhi pakan slain dr genetik semut itu sndri .. :3 slm kenal gan

      Hapus
  2. terima kasih informasinya sangat bermanfaat :) salam http://herbalsakitgula.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah mampir gan, salam kenal :)

      Hapus
  3. Artikelnya keren!, keep sharing mas bro! saya saat ini mencoba memelihara semut jepang, dan mengkonsumsinya dalam kapsul 3 semut jepang, pagi dan sore, kita liat efeknya dalam beberapa waktu kedepan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas review dan waktunya sudah mampir kemari .. :) smoga bermanfaat utk knsumsi semutnya amin ..

      Hapus
  4. saya sudah memelihara semut jepang tapi masih ragu2 untuk mengkonsumsinya.. masih nunggu uji klinis gan afrily

    BalasHapus
    Balasan
    1. inji trima kasih juga sdh mmbrikan reviewnya .. slm kenal :)

      Hapus
  5. terima kasih tulisnnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. teima kasih kembali krn sdh mampir juga kemari gan .. :)

      Hapus
  6. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat. suami sy rutin memakan semut jepang dan banyak peningkatan kesehatan yang diperoleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. inji terima kasih kembali dn smoga dbrikan ksehatan slalu untuk kluarga dsana .. amin :)

      Hapus
  7. Terima kasih infonya mudahan bernanfaat semoga dengan membaca artikel ini saya akan mencoba mengkonsumsi semut jepang ini dan akan membudidayakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. inji silakan dan smoga dbrikan manfaat ktika mngknsumsi semut jepang tersebut .. :)

      Hapus
  8. untuk sakit stroke apa ada tesyimoni nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dcek dbagian posting testimonial gan .. sudah ada kok :) terima kasih

      Hapus
  9. Agan kalok semut ini di goreng kandungannya apa masih tetap atau berkurang . Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran sy jangan digoreng .. krn akan menghilangkan atau mengurangi khasiatnya .. terima kasih .. baiknya dseduh air ..

      Hapus
  10. Saya sudah mengkumsusi -+3bl alhamdulilillah badan tersa beryambah vit sekarang semut jepang yang saya piara sudaj menjadi banyak siapa yang mau beli wdp aja 081380769775

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah terima kasih untuk testimonial review nya ttg semut jepang , semoga sukses juga untuk budidayanya .. amin

      Hapus
  11. Mantap...berkah(lantaran semut jpg)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah .. terima kasihs udah mampir .. :)

      Hapus
  12. Semut nya makan ragi tape kan kak? Itu ragi tape tuh sma ga sih sma tape tape biasa yg d jual jual buat oleh oleh. Saya pgn ternak tpi gatau mkanan nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ragi tape .. klo ragi tempe sy blm prnah coba .. jdi baiknya ragi tape saja .. terima kasih .. :)

      Hapus
  13. Saya malah pake bubuk roti bang, belum sempat beli ragi, tapi lumayan, semut jepangnya pada suka, tapi jaganya makin extra, rebutan sama semut merah kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. inggih harap djaga gan biar gg dburu semut merah larva larvanya :D .. sukses utk budidayanya .. amin

      Hapus
  14. Halo Indra salam kenal, bedanya protein sama asam amino apa ya? saya masih bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo brdasarkan artikel diatas .. intinya protein utk metabolisme tubuh sdgkan utk asam amino utk regenerasi sel sel tubuh manusia .. terima kasih :)

      Hapus
  15. Hallo mas indra saya mau nanya nih kalo yg mengkonsumsinya masih anak" umurnya 10-18 thn itu baik buat kesehatan ngk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo dirasa tidak urgent sbaiknya jangan dahulu pak .. :) klopun ingin cb bs pakai dosis 1 ekor saja perharinya .. terima kasih

      Hapus
  16. http://www.gunardi.info/2016/02/terbongkar-semut-jepang-yang-katanya.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://news.detik.com/berita/3137852/broadcast-semut-jepang-jadi-obat-diabetes-namun-membahayakan-usus

      jangan menyebarkan sesuatu yang belum benar adanya .. terima kasih bisa dibaca juga link yang saya berikan :)

      Hapus
  17. Mas indra kira" yg punya penyakit magh sama fertigo boleh minum engga yah mas?
    ,dan kira" 1hari berapa ekor dosisny??
    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja untuk vertigo bs pakai dosis 3 ekor perhari ,. Terima Kasih kembali .. :)

      Hapus
    2. tambahan untuk maag konsumsinya setelah makan besar diberikan jeda 1-2 jam ..

      Hapus
  18. hola, soy de Jujuy, Argentina, y deseo saber si el amilomyces rouxxi, es apto para el consumo humano, deseo hacer cerveza con ella, partiendo del almidon, directamente,
    High, i am from Jujuy, Argentina, and i want to know, if the amilomyces rouxii, is drinkable, i want to make beer, from flour

    BalasHapus
    Balasan
    1. si la pregunta es amylomyces rouxii (levaduras o mohos que se llama aquí) partido o no consumido pienso que no es adecuado para su uso para la fermentación. pero si se utiliza para hacer la cerveza no entiendo .. gracias

      Hapus
  19. Terimakasih tulisan ini sangat memperluas pengetahuan saya ttg semut jepang. Saat ini saya sedang mengerjakan TA saya dengan melakukan penelitian semut jepang ini untuk diabetes, ternyata memang benar bahwa semut jepang ini dapat menurunkan Diabetes.tetapi perlu diingat kembali ttg dosis yg harus digunakan ya. Jgn asal mengkonsumsinya.karena semua obat akan dapat menjadi racun jika dosis penggunaannya tidak tepat. :)

    BalasHapus
  20. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic.
    Movers and Packers Delhi
    Movers and Packers Gurgaon
    Movers and Packers Mumbai

    BalasHapus
  21. selamat pagi
    apakah saya boleh minta cp saudara? ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan seputar semut jepang ini?
    terima kasih

    BalasHapus
  22. Terimakasih atas info menariknya. Kebetula saya tidak sengaja mendapatkan semut jepang dari hasil permentasi bahan permentasi. Saya juga awalanya bingung dengan manfaat dari serangga ini, pas saya baca artikel yang anda buat saya jadi lebih tertarik lagi. Saya ingin menco menudidayakan serangga kecil ini yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

    BalasHapus