Cara Budidaya Semut Jepang



Dan sekarang masuk point dimana cara budidaya , ternak atau perawatan semut jepang yang sangat simple atau mudah sekali sehingga bisa dilakukan dengan hal - hal lain.

Awalnya kita harus menyiapkan beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan proses ternak, tetapi setiap pembelian Penulis selalu memberi paket siap ternak jadi Pembeli tidak harus buru - buru membeli bahan - bahan yang diperlukan ketika telah memiliki bibit Semut Jepang, oke lebih lengkapnya dibawah ini :
1.    Bibit indukkan Semut Jepang. (bisa diperoleh pada Penulis).
2.    Toples Plastik atau kaca dengan lubang udara (untuk udara bagi semut agar tidak kedap udara).
3.    Kapas Sterill (Bentuknya Bulat biasanya, dan bukan Kapas Kosmetik yang kotak).
4.    Ragi Tape yang biasanya untuk Fermentasi Tape sebagai pakan Semut Jepang.
Harga dari Bahan
Untuk harga Indukan Semut Jepang per-ekor 1000 rupiah (bisa diperoleh pada Penulis).
Untuk harga Ragi Tape per-bungkus 7500 rupiah (bisa diperoleh pada Penulis).
Untuk harga Kapas Sterill per-bungkus 12.500 rupiah (bisa diperoleh pada Penulis).

Sekarang kita masuk pada langkah - langkah yang dilakukan dalam berternak Semut Jepang tentunya setelah kita memiliki bahan - bahan yang harus dipersiapkan sebelumnya :
1. Anda harus menyiapkan bibit semut jepang, setidaknya 30 ekor (lebih banyak tentunya lebih bagus, karena perkembangbiakannya akan lebih cepat/lebih banyak)

2. Anda harus menyediakan tempat (toples atau baskom) yang tertutup tapi diberi lubang kecil untuk udara atau anda dapat gunakan Kassa Steril sebagai penutup toples/ wadah sehingga terhindar dari debu.

3. Sediakan ragi tape (ragi yang biasa digunakan untuk pembuatan/fermentasi tape, dapat anda cari ditoko kue atau pasar)

4. Sediakan tempat yang memiliki suhu sedang kurang lebih 30 derajat, Jauhkan dari sinar Matahari dianjurkan tempat yang ada sirkulasi udara dan lembab tetapi juga jauh dari jangkauan semut merah.

5. Sediakan kapas seperlunya sesuai tempat/toples/baskom yang digunakan (kapas tempat untuk semut berkembang biak).

6. Point 1, 3 dan 5 masukkan semua ke dalam toples/baskom yang disediakan.

Selain itu ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berternak Semut Jepang.


1. Tempat untuk menampung semut tidak boleh basah atau terkena air. Dan tidak dapat dijangkau oleh gerombolan Semut Merah bisa sekelilingnya diberi kapur pengusir Semut/serangga pemangsa lain.
2. Kapas yg digunakan adalah kapas steril / kapas bayi yg tidak mengandung unsur dari bahan kimia. 
3. Cara pemberian makan semut adalah selama 3 hari cukup diberi 1 butir ragi tape (tergantung banyaknya kapasitas semut , misal: semut kurang dari 200 ekor dalam satu toples).
1 Butir untuk konsumsi 50-200 ekor semut selama 3 hari.
4. Semut yg berada didalam toples/baskom jangan sampai terkena cahaya matahari karena semut tersebut sensitif apabila terkena suhu panas dari cahaya matahari, dia akan menjadi agresif dengan mencari jalan keluar dari wadah dan mati bila dibiarkan terlalu lama.


Untuk Prospek Bisnis Semut Jepang ini masih sangat menjanjikan bahkan Penulis sampai menyebarkan Program Reseller dan Dropshipper untuk meningkatkan daya beli konsumen.

Dan disini akan Penulis jelaskan dua model Prospek Bisnis kerja sama yang Penulis tawarkan.

1. Reseller (Penjualan kembali)

Pada program ini penulis memperkenankan untuk user/ pembaca untuk menjual kembali tentunya dengan harga khusus dan harga jual yang lebih mahal daripada yang Penulis jual. User/pembaca disini diperkenankan untuk menjual kembali ke teman - teman , saudara , tetangga , atau siapapun itu yang membutuhkan Semut Jepang ini. Tetapi Semut Jepang ini akan dikirim atas nama Penulis kepada anda atau anda datang kerumah Penulis untuk mengambil stok Semut Jepang ayang akan anda jual.

Keuntungan : Barang lebih murah dan dapat di chek langsung. Bisa mencakup area penjualan lebih luas.
Kerugian : Waktu yang tidak efisien karena harus menemui Penjual.

2. Dropshipper (Penjualan atas nama penjual pihak kedua kepada pihak ketiga yang bertindak sebagai pembeli)

Pada program ini penulis memperkenankan untuk user/ pembaca untuk menjual kembali tentunya dengan harga custom dari anda, terserah anda mau pasang harga berapa karena itu terserah anda tetapi tetap harus lebih mahal dari Penulis untuk meraup keuntungan. Disini berbeda dengan Reseller karena pengiriman semua ditanggung oleh Penulis dan dikirim ke Customer atas nama anda, yang dilakukan oleh anda hanya memasarkan ulang dengan harga anda dan kemudian mengkabari saya untuk pengiriman ke Customer sesuai harga dan ongkir yang ditentukan oleh Penulis.

Keuntungan : Lebih cepat dalam prosesnya dan efisien karena hanya memasarkan ulang saja.
Kerugian : Penjualan hanya dapat dilakukan ke area yang tidak satu tempat dengan Penjual dan tidak dapat dilakukan bila pembeli ingin transaksi melalui COD.

 

Kembali kepada Prospek Bisnis yang ditawarkan oleh Semut Jepang ini adalah sebagai berikut :

  • Harga Semut Jepang per ekornya di Penulis bisa di mark up sampai 10.000 tergantung lokasi Penjualan.

  • Keuntungan bersih yang didapatkan bisa sampai 80 % dari Pemasukan dengan potongan biaya packing , pakan, tempat dan juga perawatan.

  • Perawatan yang lebih mudah dan dapat disambi dengan melakukan kegiatan lainnya.

  • Karena produk kesehatan akan banyak dibutuhkan oleh manusia kedepannya.

108 komentar: Leave Your Comments

  1. Balasan
    1. bisa langsung mghubungi sy di 085648210999, lebih lengkapnya untuk pilihan paket bisa dchek di link http://www.semut-jepang.com/2014/10/jual-semut-jepang.html

      setiap pembelian free modul panduan, bonus semut.

      untuk transaksi bisa lgsg order ksaya atau bila ingin aman bisa order melalui rekber tokopedia, klik gmbar tokopedia disamping kanan anda .. :)

      Hapus
    2. cara ternaknya ganpang gak mas ?

      Hapus
    3. klo mnrt sy pribadi sih gampang krena bisa jadi sambian , cmn repot wktu ngitung klo ad yg beli aja krn semut lumayan kecil :) lainnya sih dr prawatan , pmberian pakan trgolong mudah .. bisa dchek di atas untuk step by stepnya .. :)

      Hapus
    4. sebelumnya saya gak tau semut jepang, pas dikasih temen 3 oek tersu katanya mampu berkembang cepat dan khasiatnya juga bagus akhirnya tertarik buat mengembangkan nya

      Hapus
    5. inggih smoga lancar budidayanya :) amin sukses terus ..

      Hapus
  2. Aku pengin pesan caranya gimana ya mas ? trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung mnghubungi di 085648210999 atau bbm di 322 c45 f6 untuk respon lgsg atau bisa cek dimari http://semutjepangadalah.blogspot.com/2014/10/jual-semut-jepang.html

      Hapus
  3. harap diperbaiki lagi gan cara pengepakan paketnya,sebab paket semut yang saya pesan dari agan sebanyak 50 ekor yg hidup hanya 2 ekor saja,yg lainnya mati semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sy akn kirimkan paket penggantinya bsk senin :) kmgkinan kmatian bkn krn packing klo cara packingnya aman soalnya testi pnerimaan kbnyakan positif hasilnya mgkin ksalahan krena dr ekpedisi krn prnah dlu jg bgini .. mhon maaf knapa tdk lgsg kontak saya lgsg ktika pket dtrima spy bs sy beri solusi lgsg dn pnanganan lbh cepat .. trima kasih

      Hapus
    2. karena tidak ada keluhan dn paket penggati sdh dtrima dg no resi pgiriman 14240507628 jd sy anggap baik- baik saja, silakan jk nnti ad yg dtanyakan mhn jgn sugkan utk mghubungi :) trima kasih dn mhon maaf utk pgiriman yg sblmnya ..

      Hapus
  4. Balasan
    1. tidak usah gan .. :) hny kasih pakan ragi aja .. trima kasih

      Hapus
  5. Itu semutnya tidak menggigit ya gan...kira2 aman ketika dipegang atau diambil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. brdasarkan pengalaman tdak menggigit kok krena sy sring memindahkan semut jepang ini ktempat yg baru :) ..

      Hapus
  6. Saya juga memelihara ini semut bang, emang sih belum ada bukti dari medis, tapi aku dah buktikan kalau semut jepang bisa menambah daya kekejaman lelaki diatas ranjang. hehehehe. saya juga sedikit nulis tentang semut jepang, sebagian saya kuti dariblog ini dengan menyertakan nama lo bang, http://mastrigus.blogspot.com/2015/06/khasiat-semut-jepang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. woah klo yang ini jarang ad testimoninya mas, terima kasih sudah berbagi pengalaman .. ijin sy review .. terima kasih sdh repot" dan sempat mampir kemari .. salam kenal dan sukses untuk budidayanya ..

      Hapus
  7. Selamat pagi mas indra..
    Sy mohon ijin utk copas beberapa tulisan mas indra. Sumber tentu sy sebutkan (link).
    Trims mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bru respon , slamat pagi juga .. silahkan .. smoga bermanfaat dn salam kenal smoga sukses untuk budidaynya juga :)

      Hapus
    2. siang mas indra ...pagi ini saya dengar tentang semut jepang di pembicaraan dalam kereta ...saya tertarik... saya mau memelihara semut jepang...bagaimana caranya dan hub siapa...trims

      Hapus
    3. maaf bru respon slamat malam mbak .. inji silakan jk ad yg dtnyakan bs mghubungi sy di 085648210999 / bbm di 322c45f6 .. terima kasih kembali .. :)

      Hapus
  8. itu nnti hasilnya dijualnya dmna ya mas?

    Salam Sukses
    Arif slpaquaculture.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. smntara untuk pnjualan msh dpasarkan sndri mas .. sukses untuk budidaynya .. :) terima kasih

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Saya di Jambi, kalau dikirimkan sampai tempat saya kira kira masih hidup atau sudah mati ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr. wb.

      salam kenal dg sy indra surabaya .. insya allah tidak pak krn sy sdh prnah kirim dr sabang smpai merauke .. dn paket aman, klopun ada ksalahan itu sy garansi jd bs dklaim .. :) silakan untuk lbh lgkapnya bs mnghubungi 0856 482 10 999 / BBM di 322c45f6

      trima kasih sudah mampir

      Hapus
  10. Sangat super sekali,bermanfaat bagi yg kena penyakit tsb diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. inji trima kasih juga sdh mampir .. smoga kita smua mndapat manfaat dr hal ini .. amin :)

      Hapus
  11. Permisi mas, salam kenal, prospeknya seperti apa yh bisnis semutnya, terus penjualannya/konsumennya kemana dan siapa aja, keuntungannya gmn?, apakah ada permintaan eksport/lokal saja?, tengkyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. prospeknya klo saya sendiri sih bagus gan ..untuk penjualan sdh sy lampirkan .. sdh dri sabang - merauke .. trutama untuk orang tua 40+ keatas pasarnya .. keuntungnya jg bagus ..

      belum ad untuk ekport krn sdikit susah dbagian pngurusan surat karantina dn pgiiriman kluar negerinya .. trima kasih kembali ..

      Hapus
  12. Mas, kok punya saya ada kayak larva nya ya? kayak ulet kecil warna coklat...kira kira larva yg kayak ulet kecil itu harus dibersihkan atau di buang tidak mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu memang anakan semut jepang mas kan prosesnya dr ulet dlu bru pupa dn jd ke semut jepang .. :)

      Hapus
  13. Nah ini nih, tantangan buat nyoba eksperimen ternak semut, huehehe. Makasih infonya yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. inji silahkan dn smoga sukses budidayanya .. :)

      Hapus
  14. Gan ane udah ada semut jepangnya.. bleh kasih info, buat packaging untk di kirim lwat jasa ekspedisi gmn yaaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicek dimari gan tips tips nya http://www.semut-jepang.com/2015/02/cara-pengiriman-paket-semut-jepang-ke.html .. maaf slow respon ya

      Hapus
  15. Mau tanya apa kapasnya sering dgnti atau tdk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dignti skitar 1-3 bulan sekali gan .. :) trima kasih

      Hapus
  16. Alhamdulillah, ane dikasih ama tetangga gan, kebetulan juga lagi beranak semutx heheh, mksdnya banyak larva dan mau buata tempat yang baru. Thanks gan infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah smoga sukses budidayanya dn bermanfaat untuk org dskitar anda .. amin :) trima kasih kembali

      Hapus
  17. Terimakasih infonya bang..
    saya cukup banyak belajar dari blog abang ini, saya lagi banyak cari tahu soalnya tante juga pakai semut jepang buat obat diabetesnya..
    Alhamduluillah sekarang lebih baik keadanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sudah berbagi pgalaman brsama rekan rekan lain ..

      alhamdulilah smoga slalu dbrikan kshatan untuk kluarga dsana .. amin

      Hapus
  18. terimakasih gan untuk infonya... jadi tertarik untuk budidaya semutnya...

    www.infokostjogja.com

    BalasHapus
  19. Kalo daerah surabaya ada yang mau. Nih saya kasi gratis. Dapet hibahan 50 ekor sekarang udah bikin negara sendiri. Ga cukup tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah ad rekan yg mau berbagi .. mugkin para pembaca yg ksulitan mndapatkan semut jepang bs mghubungi agan igha .. mgkin bs mnta contact numbernya gan biar bs dhubungi rekan" .. :) trima kasih

      Hapus
    2. siap nampung ni bang, lokasi surabaya mana? biiar ane samperin....hehe

      Hapus
    3. bisa di cek alamat sy dimari gan http://www.semut-jepang.com/2014/10/info-kontak-dan-lokasi.html

      Hapus
  20. Dari larva sampe dewasa berapa hari ya perubahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. btuh skitar 1-2 bulan mas .. :) terima kasih

      Hapus
  21. Saya punya banyak, bingung jualnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips mengenai penjualan sdh sy share di postingan .. bs dcek .. terima kasih :)

      Hapus
  22. bang mau tanya, bagaimana cara membedakan indukan??nanti setelah indukan itu menghasilkan bibit apa perlu kita memindahkan ke tempat lain lg?
    untuk satu indukan biasa masa reproduksi sampe berapa kali panen?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. indukan yg berwarna hitam mas .. klo coklat itu masih mudah :) .. stelah mghasilkan bibit bs dpindahkan utk tujuan mmpercepat proses kmbang biak .. biasanya bs smpai 5 kali bru indukan trsbut mati ... :) trima ksih kembali

      Hapus
  23. Klo mau ganti kapasnya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh sy share lgkap dg gambar bs dcek ke postingan terkait .. terima kasih

      Hapus
  24. Saya baru tau nih, baru mau coba ternak juga..semoga bisaa kaka saya terkena stroke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya aku udh lakukan semua itu

      Hapus
    2. bs dcoba utk stroke dosisnya 5-7 ekor perhari dan smoga sukses untuk budidayanya . terima kasih :)

      Hapus
  25. makasih telah memberi pengetahuan baru .. :)

    BalasHapus
  26. tempat tinggal saya jauh dujung sulawesi selatan,,,,,,apakah semutnya tidak mati klu sya beli indukanya klu dikrim kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang saja gan klo mati itu sdh pasti sbgian sj skitar 10-20 ekor tetapi stiap pgiriman sdh sy lebihkan dn pgalaman sy kirim dr sabang - merauke .. terima kasih .. bs mghubugi sy di 0822 5735 4565 terima kasih

      Hapus
  27. mas indra, saya di surabaya, saya bisa dikirim nggak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. utuk pgiriman sy domisili dket bandara juanda pak sy covernya skitaran sini sj .. klo mw dkirim via ekpedisi jg bs shari smpai 11 ribu .. :) bs jg ketemuan .. trima kasih

      Hapus
  28. Boleh ga mengkonsumsi semut jepang yg sudh mati sendiri .tanpa di matikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jikalau mati blm lama bs saja .. tapi jk sdh lama sbaiknya dbuang sj .. :) terima kasih ..

      Hapus
  29. Ass.. mlm mas indra, mau tny.. semut dpndhkn ketempat yg baru klo keadaany spt ap y mas? Maturnuwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam .. maaf bru respon .. keadaan berbentuk indukan saja yg dpindahkan .. terima kasih kembali :)

      Hapus
  30. kalau kirim ke subang bisa nggak dan ongkirnya berapa jika pesan semut jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. subang mana .. subang jawa tbarat kah ? 25 ribu untuk sehari sampa :) terima kasih .. via paket pos express

      Hapus
  31. Itu ternak y memerlukan waktu brp lama mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmbutuhkan wktu 1-2 bulan persiklus dn pnigkatan kira - kira 2-3 kali lipat .. :) terima kasih

      Hapus
  32. Seandai nya ganti kapas trus bagaimana pemindahan larva yg masih blm siap atau blm jadi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk larva yg blm jd dbiarkan dkapas yg lama dn bs dtmpat kan dtoples baru atau lain toples, baru dpindahkan ketika sudah jadi .. terima kasih ..

      Hapus
  33. Cara membedakan jantan dan betina gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm ad ilmu pasti mngenai hal ini menginat ukuran semut jepang yg terlalu kecil .. klo brdasar pgalaman sih utk yg lonjong adl jantan sdgkan yg agak oval gemuk betina .. terima kasih

      Hapus
  34. Makasih gan indra,saya banyak belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali dn smoga infonya bermanfaat .. sukses slalu :) amin

      Hapus
  35. Gan mama saya sakit asam urat dan kolesterol itu gimana ya gan solusi dosisnya dan pemakaiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asam urat bs dcb dg dosis 3-4 ekor perhari .. jk mmg ad kolestrol bs dnaikkn ke dosis 4-7 ekor perhari .. cara knsumsinya dseduh air panas atau dpites dlm kapsul .. :) terima kasih

      Hapus
    2. Assalamualaikum Mas, kalo dosis untuk Diabetes,asam urat dan kolesterol brapa mas....

      Hapus
  36. Mas, harus dipisahin ga semutnya kalo udah beranak pinak banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mmpercepat proses perkembang biakan bs dpisahkan stelah 1 bulan penangkaran untuk indukan saja .. :) terima kasih

      Hapus
    2. Gan kandang smutnya harus diberi udara atau biarkan rapat aja??

      Hapus
    3. dbrikan sirkulasi udara jdi terbuka .. bukan dtutup rapat yang mengakibatkan kedap udara :)

      Hapus
  37. Kapas kosmetik berpengaruh untuk sisemut gk gan indra?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruhnya lbh cpat kotor dn kbnyakan semut mati terjebak dikapas .. sdgkan utk kapas kosmetik jk mgandung bahan mercury akan mmbahayakan bagi manusisa itu sndri .. terima kasih

      Hapus
  38. Kalo di telen hidup2 gmn gan? Bahaya g

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjuran sy amannya dmatikan krn blm ad pnlitian klinis yg memastikan aman dtelan hidup hidup .. terima kasih ,, :)

      Hapus
  39. Mas mau taya,, mama saya punya sakit diabetes.. Mau coba konsumsi semut jepang,, tapi mama saya juga pynya maag,, klo konsumsi semut jepang apa ada efek samping ke maag ya tidak ya? Trus dosis ya brpa dlm 1 kali minum? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ad maag konsumsinya bs setlah makan djeda 1-2 jam .. baru kmudian knsumsi semut jepang dg dosis utk diabetes 3-5 ekor perhari .. terima kasih kembali

      Hapus
  40. Pagi mas indra....saya juga lg belajar budidaya semut jepang...cara pemanfaatannya gmn mas untuk pencegahan da pengobatan diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi .. utk cara terapi adl dg megknsumsinya .. anjuran sy dmatikan dg cara dseduh air panas .. sdgkan utk dosis diabetes sndri adl 3-5 ekor perhari .. :) terima kasih

      Hapus
  41. mas gmna klu cra makan semut jepang dengan cara di kunyah apa itu slh apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiknya dimatikan dg cara dseduh air panas , klopun dkunyah pastikan semut dbrsihkan dahulu dn mati dgigit .. terima kasih

      Hapus
  42. Salam, kenal pak indra, di mulai dari teman saya waktu itu di rumah duka...selesai acara kami kumpul...dan kami lihat ada semut...s jepang....bla..bla sy tertarik dan di kasih bibitnya beberapa ekor...Puji Tuhan sampai saat ini bertambah...dan sy sangat tertarik smpai sy temukan blok ini...trima kasih pak untuk semua info dan peluang bisnisnya.Gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. inggih terima kasih kembali dn smoga bermanfaat serta sukses untuk budidayanya .. amin :) silakan jk nnti ad yg dtanyakan kmbali ..

      Hapus
  43. Saya mau tanya semut jepang itu waktu jadi larva juga di kasih makanan ragi apa boleh makanan lain terimakasih mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bsa jawab salama ini bnyak yg mncoba alternatif lain tp sy sndri msh mnggunakan ragi krn yg berkhasiat adl ragi .. terima kasih ..

      Hapus
  44. assalamualaikum.... artikel nya cukup bagus" sangat menarik jg bermanfaat" izin belajar gan" salam sukses"

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam .. silakan dan smoga berhasil mas rudi .. sukses juga buat mas rudi .. amin ..

      Hapus
  45. Dalam sebuah artikel sendri apakah dibenarkan om, bahwa semut jepang itu juga berbahaya bg tubuh,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam artikel trsebut sumbernya belum valid , sudah coba di cek ke instansi terkait yang diikutkan namanya tetapi tidak dibenarkan akan adanya berita atau isu tersebut :) bisa cek dsini news.detik.com/berita/3137852/broadcast-semut-jepang-jadi-obat-diabetes-namun-membahayakan-usus

      Hapus
  46. Mas, kalo mau membeli bibit dari Anda, kirim bibit nya gimana y??

    BalasHapus
  47. Untuk pemasarannya apa tidak sulit? karena bagaimanapun semut ini belum terlalu familiar untuk warga Indonesia

    BalasHapus
  48. Mas, makasih artikel nya, luar biasa. Sekalian mau tanya, kalo kapasnya gak diganti ganti bahaya gak? Makasih mas

    BalasHapus
  49. Gan mau nanya klo udh ada larvanya, induknya ama larvanya di pisah atau dibiarin ajja?

    BalasHapus
  50. bertkembangnya brp hari sekali, atau minggu atau bulan?

    BalasHapus